Thursday, August 4, 2011

Manfaat Buah Sawo Buat Kesehatan Kita

►  Mei(2)Menggempur Kadar Kolesterol Darah Yang BerlebihanManfaat Obat Bunga Tahi Kotok ►  April(2)Manfaat Obat Bunga DahliaMengatasi Susah Tidur (INSOMNIA) ►  Maret(2)Binahong dan Khasiatnya Untuk Gangguan TubuhKhasiat Tanaman Aren ►  2010(8) ►  Desember(1)Khasiat Obat Mindi (Melia azedarach) ►  November(2)Herbal untuk Mengatasi Rematik ArtritisManfaat Pengobatan Kamboja ►  Februari(3)Khasiat tanaman obat Gendola (Basella Rubra)Obat Alami Sakit GigiObat alami untuk penyakit Hernia ►  Januari(2)Kunir Putih dan KhasiatnyaKhasiat Jeruk Nipis Buat Kesehatan ►  2009(79) ►  Desember(7)Obat tradisional Keracunan makananObat Tradisional Keracunan Obat dan ArsenicObat herbal buat Infeksi saluran pernafasanHerbal Untuk TBC Paru-ParuHerbal Untuk Atsma BronchialRamuan Herbal Untuk BronchitisRamuan Obat herbal untuk Radang paru-paru (Pneumon... ►  November(5)Manfaat Kecubung Gunung Brugmansia suaveolensManfaat Obat Kecubung (Datura fatuosa)Kopi Meningkatkan Kualitas Sperma PriaBerhenti Merokok Dengan Makan PisangRagam Manfaat Lidah Buaya ►  Oktober(10)KHASIAT DAUN SEMBUKANObat Alami Migrain Dengan JaheObat tradisional alami Untuk Mengatasi JerawatResep herbal Untuk Mengatasi Impotensi Dan Ejakula...Mahoni Ampuh Untuk Atasi Kadas Dan KudisHerbal Untuk Atasi Masalah Bau Badan tak sedapTanaman Obat Untuk Mengurangi KolesterolManfaat Bunga Kenop Gomphrena globosa LHerbal Untuk Radang LambungAtasi Penyakit Kulit dengan Biduri- Widuri ►  September(8)Atasi kencing manis dengan brokoliMengatasi Asam Urat dengan Resep Herbal dari beber...Khasiat Obat KemuningResep Herbal Untuk Hipertensi; Darah TinggiNetralkan Kolesterol Dengan RebungMengencangkan Otot Vagina Pasca MelahirkanKhasiat Obat Buah Ketimun ►  Agustus(8) ►  Juli(11) ►  Juni(6) ►  Mei(6) ►  April(17) ►  Maret(1) Anda mungkin pernah makan buah sawo yang nama ilmiahnya manilkara zapota? Buah berwarna coklat dengan daging buah berwarna coklat juga ini memiliki banyak sekali nama lokal. Namun, di Indonesia lebih dikenal dengan nama sawo manila atau lazim disebut buah sawo . Ada pula yang menyebutnya sauh, sauh manila atau ciku.

Di belahan Negara lain pun, buah ini memiliki nama sendiri seperti chico (Filipina), ciku (Malaysia), chikoo atau sapota (India), sofeda (Bangladesh), rata-mi (Sri Lanka), nispero (Venezuela), sugardilly (Kep. Bahama), naseberry (Hindia Barat), sapote (Nikaragua), sapoti (Brasil), sapotillier (Prancis) dan sapodilla (Inggris).

Buah ini pun tergolong murah dan pastinya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengomsumsi buah ini? Berikut di antaranya:

1. Sawo manila rasanya manis karena mengandung fruktosa dan sukrosa yang melimpah. Maka itu, buah ini bisa dijadikan makanan peningkat energi alami.

2. Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik sehingga bisa membantu mengatasi sembelit. Seratnya juga membantu melindungi selaput lendir usus besar kita dari racun penyebab kanker.

3. Adapun efek antiinflamasi sawo manila bermanfaat untuk mengatasi masalah seperti gangguan gastritis dan usus.

4. Buah sawo manila yang telah matang mengandung mineral seperti tembaga, besi, kalium, serta vitamin A dan C. Ada pula niacin, folat, dan sebagainya. Semua itu membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan.

5. Sawo manila mengandung tanin, senyawa fenolik poli yang berisi sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri.

Sumber :MediaIndonesia.com (Hidup Sehat), 16 Mei 2011

17:50 | Filed Under Tanaman Obat | 0 Comments

Comments0 Responses to ""

Poskan Komentar

Posting Lebih BaruPosting LamaBerandaAbout Find ItCredits

Copyright 2008 Sehat dengan obat herbal - WP Theme by Brian Gardner - Blogger Template by ThemeLib.com

0 comments: